• GOEDANG BIOGRAFI

    Sunday, May 8, 2016

    Biografi Alfonso de Albuquerque



    Alfonso de Albuquerque
    Penakluk India dan mendirikan kolonialisme Portugal di Samudera Hindia


    Dikenal dengan sebutan The Caesar dari Timur, The Tirribil, The Great, Singa Laut dan sebagai The Mars Portugis,  karena keberhasilannya menaklukkan India dan mendirikan kolonialisme Portugis di Hindia.
               
    Alfonso de Albuquerque lahir di Alhandra, daerah dekat Lisbon pada tahun 1453. Dia adalah putera kedua dari Goncalo de Albuquerque dan Dona Leonor de Menezes. Ayahnya adalah orang penting di kerajaan Portugis. Dari ayahnya pula Alfonso memiliki hubungan darah dengan keluarga kerajaan Portugal. Dia belajar tentang bidang matematika dan Latin Klasik pada masa kekuasaan Afonso V dari Portugal. Pada saat raja Avonso V meninggal dia bekerja di Arzila, Maroko selama beberapa saat dan saat dia kembali ke Portugal dia diangkat menjadi kepala penasihat untuk raja Joao II dari Portugal.

    Ekspedisi Penaklukan Alfonso
    Tahun 1503 ia berangkat pada ekspedisi pertama ke Timur, yang nantinya akan membuatnya terkenal dan mengalami kejayaan. Ia berlayar mengelilingi Tanjung Harapan dan sampai di India. Tujuannya adalah melakukan pertempuran dengan Zamorin  di Calicut, India. Akhirnya mereka berhasil mengalahkan perlawanan Zamorin dan berhasil mengangkat Raja Kochi naik tahta. Sebagai imbalan atas bantuannya, raja Kochi memberikan izin kepada Portugis untuk membangun benteng pertahanan di Cochin dan melakukan hubungan perdagangan.
    Pada tanggal 4 November 1509, Alfonso dilantik menjadi gubernur Portugis di  India setelah keberhasilannya dalam penaklukan di daerah-daerah perdagangan di pantai timur Afrika dan daerah pulau Ormuz di Teluk Persia. Pada bulan Januari 1510, Alfonso kembali ditugasi untuk menaklukkan Calicut yang telah dikuasai Zamorin kembali.
    Usaha Alfonso yang pertama kalinya mengalami kegagalan dan dia pun mengalami luka yang cukup parah. Dia pun segera membangun kekuatan dengan 1200 prajurit dan 30 kapal. Alfonso pun memilih serangan mereka ditujukan ke Goa, namun serangannya itu juga tak berhasil. Namun pada tanggal 25 November, tiga bulan setelah kekalahan Alfonso terakhir, kapal bantuan yang lebih modern datang dari Portugis. Alfonso kemudian kembali menyerang Goa dan hanya dalam waktu kurang dari satu hari, Goa berhasil ditaklukkan.
    Pada bulan Februari 1511, ada kabar bahwa seorang Portugis adayang ditangkap dan ditawan di Malaka. Alfonso pun ditugasi untuk membebaskan tawanan itu dari Malaka. Maka pada bulan April 1511, setelah memperkuat kedudukan di Goa, Alfonso segera membentuk pasukan yang akan ke Malaka. Pasukan itu terdiri dari 900 tentara portugis dan 200 tentara bayaran dari India. Pada bulan yang sama mereka berangkat dari Goa ke Malaka.
    Setelah sampai di Malaka, Alfonso pun segera memerintahkan kapalnya untuk segera mendekati kota pelabuhan Malaka, merekapun menembaki pelabuhan itu dengan meriam dan meminta agar tawanan dari Portugis dibebaskan. Akhirnya Sultan Mahmud Shah pun membebaskan tawanan, bahkan ia juga melarikan diri.
    Setelah Malaka dirasa aman dia mengirimkan ekspedisi ke Maluku untuk menemukan pulau rempah-rempah. Dia mengirimkan dua kapalnya ke Maluku dan berhasil karena saat kembali kapal mereka terisi penuh oleh rempah-rempah. Setelah Alfonso mendirikan benteng-benteng di Malaka dan sekitarnya, ia pun kembali ke Goa dan melakukan penaklukan-penaklukan lagi termasuk penaklukan terhadap daerah Ormuz.

    Akhir Petualangan Alfonso
                Alfonso de Albuquerque ternyata banyak mempunyai musuh di Portugal tak terkecuali di bagian pengadilan pemerintah Portugal. Di Portugal Alfonso diberitakan akan melakukan penyerangan kepada pemerintahan Portugis di India. Raja Manuel 1 segera mengumumkan bahwa posisi Alfonso digantikan oleh musuh pribadinya Lopo Soares de Albergaria.
                Mendengar hal itu Alfonso seperti terkena pukulan berat, perlahan sakitnya semakin parah dan akhirnya meninggal di laut pada tanggal 16 Desember 1515. Namun setelah itu raja Manuel 1 sadar akan kesalah pahaman itu dengan memberikan banyak pujian kepada anak Alfonso yaitu Bra de Albuquerque. Dia menyebut anak Alfonso itu dengan Afonso karena terkenang ayahnya.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel