• GOEDANG BIOGRAFI

    Saturday, May 7, 2016

    James Cook, Pelaut Pertama yang Mengelilingi Antartika



    James Cook
    Pelaut Pertama yang Mengelilingi Antartika


    James Cook adalah seorang penjelajah, navigator dan kartografer dari Inggris yang berhasil memetakan Australia, Selandia Baru, Pantai Barat Amerika dan menemukan Hawaii. Selain itu James Cook adalah pelaut pertama yang mengelilingi benua Antartika.

    Cook lahir tanggal 27 Oktober 1728 di desa Marton di Yorkshire, sebuah desa yang sekarang berada dipinggiran kota Middlesbrough, Inggris. Ayah Cook memiliki nama yang sama dengannya James Cook yang bekerja sebagai buruh di pertanian dan ibunya Grace Pace. Cook adalah anak kedua dari delapan bersaudara.
                Tahun 1736 keluarganya pindah ke pertanian Holme Airey di Great Ayton. Setelah sekolah selama lima tahun, ia bekerja untuk ayahnya yang sudah naik pangkat menjadi manajer pertanian. Saat Cook berusia 16 tahun dia pindah ke desa nelayan bernama Staithes untuk menjadi tenaga penjaga toko kelontong milik William Sanderson. Cook pun dikenalkan kepada teman-teman Sanderson yang mempunyai kapal-kapal dagang. Dari sinilah Cook mulai tertarik pada lautan.
                Karena merasa tidak cocok bekerja sebagai penjaga toko, Cook kemudian bekerja pada kapal-kapal perdagangan. Di sana dia belajar banyak tentang aljabar, geometri, trigonometri, navigasi dan astronomi. Dia kemudian menjadi relawan untuk kapal perang Inggris, Royal Navy yang pada waktu itu Inggris masih dalam Perang Tujuh Tahun. Dari situlah Cook mulai menunjukkan bakatnya dalam dunia pelayaran. Dia pun mulai menjelajahi Amerika Utara dan membuat peta New Foundland dan daerah sekitar Quebec.

    Cook Mulai Menjelajah
                James Cook mengelilingi dunia dalam tiga kali pelayaran yang tujuannya adalah untuk mencari benua di bagian selatan. Pada waktu itu orang percaya bahwa di bagian selatan ada benua yang besar sebagai penyeimbang benua di utara. Cook pun terpilih untuk memimpin pencarian benua yang hilang di selatan katulistiwa (Terra Australis).
                Pelayaran pertama Cook terjadi ditahun 1768 sampai 1771. Tugasnya adalah untuk melakukan penelitian dan merekam jejak lintasan planet venus terhadap matahari. Dia berangkat dari Inggris ke lautan Atlantik menggunakan kapal Endeavor. Pelayarannya melewati Cape Horn dan kemudian membelokkan kapalnya ke Barat menuju Tahiti menuju Pantai Tenggara Australia.
                Tanggal 19 April 1770, dia sampai di pantai selatan Australia. Cook kemudian menyusuri pantai timur Australia, tanggal 29 April dia berjumpa dengan orang asli Asutralia suku Aborigin, dan mendarat di Benua Australia, di Botany Bay. Dari tempat itu, Cook berlayar ke Batavia dan terus menuju ke Tanjung Harapan dan kembali ke Inggris pada tanggal 12 Juli 1771.
    Setahun kemudian Cook melakukan pelayaran kedua menggunakan Kapal Resolution atas permintaan Royal Society untuk menemukan Terra Australis. Dia masih diberi tugas untuk membuktikan mitos adanya benua besar di selatan sebagai penyeimbang benua di bagian utara. Pelayaran kedua ini dilakukan selama 3 tahun yaitu antara tahun1772 sampai 1775. Pada perjalan ini Cook mengambil jalan dari barat ke timur, yaitu dari Tanjung Harapan di ujung selatan Afrika menuju ke lingkaran antartika dan bergerak ke timur, kemudian masuk ke Pasifik. Perjalanan kali ini mambuktikan penggunaan K1 kronometer yang dapat menghitung longitude (garis bujur) secara lebih tepat.
    Penjelajahan ketiga dan merupakan penjelajahan Cook yang terakhir dilakukan pada tahun 1776 sampai tahun 1779. Dalam perjalanan kali ini dia masih menggunakan kapal Resolution. Dia berangkat menuju Tahiti kemudian ke utara dan mendarat di Kauai, Hawaii. Dari sini Cook berlayar ke utara sepanjang pesisir Barat  Amerika Utara dan menuju ke Selat Bering. Karena tidak bisa dilalui, Cook kembali ke selatan dan berhasil menemukan Hawaii. Di Hawaii dia mendarat mendarat di Big Island. Selama di Hawaii inilah terjadi konflik dengan penduduk setempat. Tanggal 14 Februari 1779 James Cook bersama empat komandan lainnya tewas dalam konflik tersebut, namun kapalnya berhasil kembali ke Inggris.

    Keluarga dan Warisan Cook
                Cook menikahi seorang perempuan yang bernama Elizabeth Batts di tahun 1762. Dia dan Elizabeth mempunyai enam orang anak yaitu James, Nathaniel, Elizabeth, Joseph, George dan Hugh. Cook adalah orang Eropa pertama yang mengunjungi Hawaii dan menjadi orang Eropa kedua yang berhasil mencapai Selandia Baru setelah Abel Tasman dan berhasil memetakan seluruh garis pantainya.
                Pelayaran Cook selama 12 tahun di Lautan Pasifik telah menyumbang banyak dalam ilmu pengetahuan Eropa. Dia juga menjadi orang Eropa pertama yang membuat peta yang akurat tentang dunia khususnya daerah Pasifik. Peta itu dilengkapi dengan garis bujur yang keakuratannya hampir sempurna.
                Cook berhasil melakukan penjelajahan dalam pelayaran pertamanya tanpa kehilangan seorang anak buah pun. Cook juga dianggap sebagai orang pertama yang mempunyai kontak dengan berbagai orang di Pasifik. Kedatangan Cook di Selandia Baru juga dijadikan sebagai awal kolonialisasi di daerah itu.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel