• GOEDANG BIOGRAFI

    Saturday, May 7, 2016

    John Cabot, Penemu Amerika Utara



    John Cabot
    Penemu Amerika Utara



    John Cabot adalah penjelajah asal Italia yang menemukan Amerika Utara pada tahun 1497. Perjalanannya juga dianggap sebagai perjalanan yang kedua setelah Cristopher Colombus.


    Seperti Cristopher Colombus, John Cabot mempunyai banyak versi nama. John Cabot adalah versi nama saat dia tinggal di Inggris, Giovani Caboto adalah versi Italianya dan Juan Caboto adalah versi namanya di Spanyol. Lahir di Italia, tepatnya di kota Venesia, namun tahunnya sampai sekarang masih menjadi perdebatan, namun diperkirakan tahun 1461.
    Saat di Venesia, Cabot bekerja dibidang perdagangan. Dia terlibat dalam pelayaran perdagangan salah satunya pelayaran ke Mediterania Timur. Namun tahun 1480an Cabot mengalami kebangkrutan dalam usahanya dan meninggalkan Venesia. Dia pindah ke salah satu kota di Spanyol, Valencia. Namun ia juga gagal dalam bisnisnya di kota itu, lalu dia pindah ke kota Sevilla, Spanyol dan bekerja pada proyek pembangunan jembatan. Setelah itu Cabot pun berusaha mencari dukungan dana untuk melakukan pelayaran mencari dunia baru.

    Penjelajahan John Cabot
                Akhirnya Cabot memperoleh sponsor dari raja Inggris, Henry VII. Cabot pergi ke Bristol (sebuah pelabuhan terbesar kedua di Inggris) untuk mempersiapkan pelayaran. Cabot memulai penjelajahan pertamanya pada musim panas tahun 1496. Namun pelayaran pertamanya ini gagal karena kapal Cabot kekurangan pasokan dan mengalami cuaca yang buruk sehingga dia memutuskan unutk kembali ke Inggris.
                Setahun kemudian John Cabot melakukan pelayaran yang kedua. Kali ini mereka diberi persediaan yang cukup hingga tujuh sampai delapan bulan. Kapal Cabot pun diisi dengan anak buah yang memadai untuk melakukan pelayaran. Tidak seperti pelayaran pertama, selain persediaan yang tidak cukup, anak buah Cabot pada waktu itu kurang baik, sehingga kebanyakan hanya bingung pada saat pelayaran.
                Pelayaran kembali dimulai dari pelabuhan Bristol di Inggris. Mereka lewat daerah Irlandia dan menuju ke Pantai Utara Amerika. Akhirnya mereka sampai di Pantai Utara Amerika pada tanggal 24 Juni 1497. Tempat pendaratan Cabot di Amerika Utara banyak menjadi kontroversial. Ada beberapa tempat yang dinyatakan sebagai tempat pendaratan John Cabot seperti di Bonavista, St John’s di Newfoundland, Nova Scotia, Labrador dan Maine. Namun pemerintah Inggris dan Kanada secara resmi menetapkan pendaratan pertama Cabot adalah di daerah Bonavista.
                Di daerah Amerika Utara itu, John Cabot hanya melakukan pendaratan sekali. Saat di darat dia pun tak pernah jauh dari tepi pantai. Jarak daratan yang ia datangi hanya seukuran penembakan panah dari garis pantaidan tidak lebih. Mereka pergi ke darat hanya untuk mengambil air segar dan menancapkan bendera kepausan dan bendera kerajaan Inggris. Cabot dan awak kapalnya pun pulang dan sampi kembali ke Bristol tanggal 6 Agustus.
                Sesampainya di Inggris Cabot mendapatkan gelar Laksamana Besar dari kerajaan Inggris dan dia mendapatkan uang sebesar 10 Poundsterling yang setara dengan gaji buruh selama dua tahun. Akhir dari Cabot tidak banyak diketahui, banyak yang mengabarkan bahwa pada saat Cabot melakukan pelayaran lagi, namun kali ini untuk perdagangan, kapal mereka terjebak dan hilang di lautan. Namun ada pula yang mengatakan bahwa John Cabot berhasil pulang ke Inggris pada tahun 1500.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel