• GOEDANG BIOGRAFI

    Thursday, May 19, 2016

    Peter Singer: Filsuf Australia yang Mendorong Gerakan Hak Binatang

    Peter Singer: Filsuf Australia Pejuang Gerakan Hak Binatang





                Peter Albert David Singer, B.Phil adalah seorang Sarjana Filsafat dari Universitas Oxford, Inggris. Dia adalah filsuf Yahudi terkenal kelahiran Australia yang lahir pada 6 Juli 1946. Selama lebih dari tiga puluh tahun dia menantang pemikiran tradisional tentang etika terapan. Dia merupakan tokoh terkenal di dunia karena telah memberikan dorongan untuk gerakan hak-hak binatang. Hari ini ia menjabat ketua etika di Princeton University. Singer juga telah menjabat dua kali sebagai ketua jurusan filsafat di tanah kelahirannya di Monash University di mana ia juga mendirikan Pusat Bioetika Manusia. Peter Singer adalah filsuf rasionalis dalam tradisi utilitarianisme Anglo – Amerika. Dia mengajarkan “etika praktis “, yang ia definisikan sebagai penerapan moralitas masalah praktis berdasarkan filsafat berpikir, bukan pada keyakinan agama. Pada tahun 2009, Singer didaftar  oleh majalah Time sebagai “100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia “.
                Orang tua Peter Singers ' adalah orang Wina keturunan Yahudi yang terluput dari aneksasi Austria dan telah melarikan diri ke Australia pada tahun 1938. Kakek-nenek dari pihak ayah dideportasi ke Lodz, sebuah kamp konsentrasi di Polandia, dan Singer tidak akan pernah tahu apa yang sebenarnya terjadi pada mereka. Kakek dari pihak ibu, meninggal di kamp konsentrasi Theresienstadt yang sekarang menjadi Republik Ceko. Ayah Singer adalah importir teh dan kopi sementara ibunya adalah seorang dokter.
                Peter Singer untuk sementara bersekolah di Scotch College Melbourne, Australia. Setelah meninggalkan sekolah, Singer belajar hukum, sejarah,  dan filsafat di University of Melbourne di mana ia lulus pada 1967 dengan gelar B.A. Selanjutnya, ia memperoleh gelar MA pada tahun 1969 an dengan tesisnya “Why should I be moral? “(Mengapa saya harus bermoral?). Setelah itu,  Peter Singer diberi hadiah atas karyanya yang menjanjikan itu dengan tawaran untuk masuk University of Oxford, yang kemudian ia terima, sehingga dia mendapatkan gelar B.Phil pada tahun 1971. Disertasinya adalah mengenai pembangkangan sipil, dengan supervisor filsuf Inggris terkenal, yakni R.M.  Hare. Singer kemudian menerbitkan tesisnya tersebut sebagai sebuah buku pada tahun 1973 dengan judul “Democracy and Disobedience “.
                Bukunya pada tahun 1975 yang berjudul “Animal Liberation “sangat mempengaruhi gerakan modern keselamatan hewan. Di sana ia berpendapat mengenai speciesisme  yang merupakan diskriminasi antara makhluk atas dasar spesies mereka, yang hampir selalu dalam prakteknya membela kepentingan ras manusia dan mengorbankan binatang yang bukan ras manusia. Idenya adalah bahwa semua makhluk apakah itu manusia atau hewan, pendeknya semua makhluk hidup, harus dianggap secara moral sama dalam arti bahwa kepentingan mereka harus dianggap sama. Berdasarkan fakta, Profesor Singer berpendapat bahwa menggunakan hewan untuk makanan tidak dapat dibenarkan karena menyebabkan penderitaan yang tidak proporsional dan hanya manusia yang mendapatkan manfaat dari konsumsi tersebut. Menurutnya, karena itu merupakan kewajiban moral untuk menahan diri dari makan daging hewan (vegetarian) dan bahkan berusaha sedapat mungkin untuk tidak mengkonsumsi produk-produk yang berasal dari eksploitasi hewan (veganisme).
                Pada tahun 1977,  ia diangkat menjadi ketua jurusan filsafat di Monash University di mana ia kemudian menjadi direktur pertama Pusat Bioetika Manusia. Peter Singer juga presiden pendiri Asosiasi Internasional Bioetika serta editor jurnal akademik yang disebut “Bioethics “bersama-sama dengan tokoh Filsuf Australia Helga Kuhse, yang dengannya pada tahun 1985 ia juga menulis karyanya yang terkenal “Should the Baby Live? The Problem of Handicapped Infants “(Haruskah Bayi Hidup? Masalah Bayi Cacat. “)
                Pada tahun 1996,  dia gagal menjadi kandidat Hijau untuk Senat Australia. Pada tahun 2004 ia diakui sebagai seorang humanis Australia oleh Australian Humanis Societies. Di luar lingkungan akademis, Profesor Singer terkenal karena bukunya “ “Animal Liberation: The Definitive Classic of the Animal Movement, “yang saat ini dianggap sebagai buku pelopor gerakan modern hak-hak binatang. Singer yang berpijak pada isu-isu bioetika, dianggap kontroversial  terutama di Amerika Serikat dan Jerman. Memang,  pada 1999 Singer diangkat sebagai Profesor Bioetika di University Centre for Human Values at Princeton University, yang kemudian menimbulkan kontroversi sehingga Harold T. Shapiro presiden universitas bergengsi pada saat itu harus menepati janji.
                Pada tahun 2008, Peter Singer menjadi bagian dari film dan bukunya,  “ “Examined Life: Excursions with Contemporary Thinkers “yang menampilkan delapan filsuf, dan disutradarai oleh Astra Taylor yang kemudian sangat terkenal. Film itu mengambil topik etika dan memilih untuk melakukannya dari Fifth Avenue di New York City karena seperti yang ia katakan adanya fakta bahwa tempat itu adalah pusat dari negara-negara terkaya di dunia, dan salah satu tempat paling mahal yang memunculkan isu etis. Singer menunjukkan bahwa ada orang-orang yang memiliki uang untuk berbelanja di toko yang mahal tersebut dan sama sekali tidak menganggap ada masalah moral apa pun terhadap apa yang mereka lakukan.
                Dia ingin bertanya apakah mereka harus melihat beberapa jenis masalah moral mengenai hal tersebut, karena baginya ada pertanyaan penting tentang bagaimana harus membelanjakan uang yang dimilikinya. dia menunjukkan bagaimana etika adalah tentang pilihan dasar seperti kita buat dalam hidup. Dia menunjukkan, bagaimana jika kita menerapkan etika sehingga kita akan mengetahui bahwa memikirkan berbagai untuk memahami moralitas yang masuk akal.
                Masih dalam film ini, ia berpendapat bahwa banyak orang keliru berpikir bahwa Anda hanya dapat memiliki standar etika jika dengan cara-cara yang religius dan yang Anda percayai, misalnya bahwa ada Tuhan yang menurunkan perintah untuk memberitahu kepada kita mengenai apa yang harus dilakukan. Singer menyatakan bahwa manakala etika itu berasal dari diri kita sendiri, hal itu tidak berarti bahwa nilainya benar-benar subyektif. Sebaliknya, ketika kita mulai melihat isu-isu secara etis, kita harus melakukannya lebih dari sekedar memikirkan kepentingan kita sendiri. Kita harus bertanya pada diri sendiri apakah kita sudah memikirkan kepentingan orang lain. Sebagai contoh, kita harus bertanya apa yang akan kita pilih jika kita berada di posisi mereka, bukan di posisi kita?
                Apa yang muncul pada saat itu adalah prioritas untuk mengurangi atau mencegah terjadinya penderitaan. Karena etika bukan hanya tentang apa yang sebenarnya kita lakukan dan dampak dari perbuatan itu, tetapi juga tentang apa yang seharusnya tidak kita lakukan, dan apa yang kita pilih untuk tidak dilakukan. Itulah sebabnya pertanyaan tentang untuk apa kita menghabiskan uang kita, juga merupakan pertanyaan tentang apa yang kita pilih untuk tidak menghabiskan uang kita. Banyak di antara kita yang lupa tentang apa yang dia tunjukkan. Selanjutnya, banyak filsuf telah mempertanyakan tentang makna kehidupan. Menurut Singer, hidup menjadi bermakna ketika kita menghubungkan diri kita dengan beberapa penyebab atau masalah yang benar-benar penting dan memberikan bantuan.
                Pada tahun 1971 Singer menulis sebuah artikel berjudul “Kelaparan, kemakmuran, dan Moralitas “yang hingga hari ini tetap merupakan esai filosofisnya yang paling dikenal. Di sana ia membayangkan skenario di mana Anda berjalan melewati kolam dangkal, dan saat Anda berjalan melewatinya, Anda melihat ada anak kecil yang telah jatuh ke dalamnya dan tampaknya menghadapi bahaya akan tenggelam. Anda melihat ke kanan dan kekiri, untuk melihat di mana orangtuanya,  tapi tidak ada seorang pun yang terlihat. Anda menyadari bahwa jika Anda tidak masuk ke dalam ke kolam ini dan menarik anak itu keluar, kemungkinan besar dia akan tenggelam. Tidak ada bahaya bagi Anda karena Anda tahu kolam itu sangat dangkal, tetapi Anda mengenakan sepasang sepatu yang bagus dan mahal, dan mungkin sepatu itu akan rusak jika Anda masuk ke dalam kolam.
                Tentu saja, ketika Anda bertanya kepada orang-orang tentang situasi seperti ini,  mereka selalu mengatakan, “Yah, lupakan saja sepatu itu. Anda harus menyelamatkan anak itu. “Tapi kemudian Anda bisa mengatakan, “Oke, Anda tahu, saya setuju dengan jawaban Anda tentang hal itu. Tapi untuk harga sepasang sepatu itu, jika Anda harus memberikannya untuk sebuah organisasi seperti Oxfam atau UNICEF, mungkin uang itu bisa menyelamatkan nyawa seorang anak, mungkin lebih dari satu anak di negara miskin yang akan mati karena mereka tidak bisa mendapatkan perawatan medis. “
                Pada tahun 2009, ia menulis “The Life You Can Save: Acting Now to End World Poverty “. Di dalam tulisannya ini, Peter Singer menunjukkan bahwa untuk pertama kalinya dalam sejarah, umat manusia memiliki sumber daya keuangan dan materi melimpah untuk memberantas kemiskinan di seluruh dunia. Meskipun demikian, hari ini satu miliar orang hidup dengan kondisi keuangan kurang dari satu Euro per hari. Setiap tahun sepuluh juta anak meninggal karena kemiskinan. Dia berpendapat bahwa keadaan itu adalah situasi yang secara etis tidak dapat dibenarkan, namun kebanyakan dari kita hanya berpuas diri untuk menyesalkan keadaan tersebut. Dalam esainya yang sangat menggugah kesadaran ini, Singer menganalisa mekanisme psikologis hubungan antara manusia dengan uang, berbagi kekayaan, dan solidaritas antarmanusia. Melalui alasan yang kuat, ia meletakkan dasar untuk aktivisme abad dua puluh satu, yang berlandaskan pada tanggung jawab dan kedermawanan. Dia menyediakan solusi praktis dengan angka-angka untuk mendukung mereka, dan dengan cara ini mendesak kita untuk melakukan tindakan dengan segera.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel