• GOEDANG BIOGRAFI

    Tuesday, May 17, 2016

    ALAN TURING: BAPAK ILMU KOMPUTER DAN KECERDASAN BUATAN



    ALAN TURING: BAPAK ILMU KOMPUTER DAN KECERDASAN BUATAN



                Alan Mathison (1912-1954) Turing adalah matematikawan, logikawan, kriptanalis, dan ilmuwan komputer asal Inggris. Dia memliki pengaruh yang sangat besar dalam pengembangan ilmu komputer, merumuskan konsep algoritma dan komputasi dengan Mesin Turing, yang bias disebut sebagai model dari komputer yang sekarang umum dipakai. Turing dikenal secara luas sebagai bapak Ilmu Komputer dan Kecerdasan Buatan.
    Alan Mathison Turing lahir di London, 23 Juni 1912, di kalangan menengah atas. Ia bersekolah di sekolah tradisional yang didominasi oleh sistem imperialis Inggris. Sejak masa kecilnya ia tertarik pada ilmu pengetahuan alam.  
    Namun dia mendapati tempatnya yang terbaik adalah di Universitas Cambridge, King’s College. Turing mempelajari matematika dengan sangat cepat dan dia terpilih sebagai mahasiswa terbaik pada tahun 1935. Penunjukan ini kemudian diikuti oleh karyanya yang membuat dirinya semakin terkenal pada ilmu logika matematika yaitu “On Computable Numbers, with an Application to the Entscheidungsproblem” (Turing 1936-7). Ia kemudian merumuskan ulang penemuan Kurt Godel dengan bukti limit dan komputasi, yang kemudian menggantikan bahasa aritmatik universal Godel dengan alat hipotesis sederhana yang dikenal dengan nama Mesin Turing.
    Dari September 1936 sampai Juli 1938 ia menghabiskan waktunya belajar di bawah gereja di Universitas Princeton. Sebagai tambahan untuk pekerjaan matematikanya, ia mempelajarai kriptologi dan membuat tiga dari empat tahap perkalian biner elektro-magnetik. Pada Juni 1938 ia memperoleh gelar PhD dari Princeton; Desertasinya, “Systems of Logic Based on Ordinals,” memperkenalkan konsep Logika Ordinal dan Relative Computing, dimana mesin Turing diargmentasikan dengan Oracle, sehingga dapat mempelajari soal yang tidak dapat diselesaikan oleh mesin Turing.
    Selama Perang Dunia II, ia memainkan peran penting dalam menguraikan pesan yang dienkripsi oleh mesin Enigma Jerman, yang menyediakan data intelijen penting bagi Sekutu. Dia memimpin sebuah tim yang merancang sebuah mesin yang dikenal sebagai Bombe yang berhasil menterjemahkan pesan Jerman. Dia menjadi tokoh terkenal dan eksentrik di Bletchley.
     Karya awal Turing termuat dalam makalahnya yang terkenal “Computing Machinary and Intelligence” yang membahas kemungkinan kecerdasan buatan dan mengajukan sebuah eksperimen yang sekarang dikenal sebagai uji Turing, dalam suatu upaya untuk mendefinisikan standar bagi suat mesin untuk dianggap cerdas. Makalah ini juga mengajukan teori yang sekarang dikenal sebagai komputasionalisme, yang menyatakan bahwa kognisi adalah suatu bentuk komputasi.
    Dalam makalah itu Turing mengajukan pertanyaan, “Dapatkah mesin berpikir?” Jawaban atas pertanyaan itu, tentu saja, bergantung pada apa yang dimaksud dengan istilah “mesin” dan “berpikir”. Tetapi karena analisis istilah itu kemungkinan besar mengandaikan jawaban atas pertanyaan dan bukan membantu kita menyelidikinya secara obyektif, Turing mengusulkan untuk menggantikan pertanyaan itu dengan suatu permainan hipotetis.
    Dari permainan yang dikembangkan itu Turing berkesimpulan bahwa apa saja yang dapat merespons dengan cerdas punya sifat cerdas. Ini menimbulkan sejumlah isu menarik bagi para filsuf. Khususnya, benarkah bahwa imitasi atau peniruan benar-benar cukup untuk menyatakan bahwa mesin dapat berpikir? Mengapa kita mesti mengandaikan bahwa sebuah komputer yang meniru perilaku berpikir manusia benar-benar dapat berpikir?
    Turing bekerja dari 1952 sampai wafatnya pada tahun 1954 di bidang matematika biologis, terutama pada morfogenesis. Ia menerbitkan sebuah paper yang berjudul “The Chemical Basis of Morphogenesis” pada tahun 1952. Dalam buku ini Turing membuat satu jenis sistem matematika yang dikenal sebagai persamaan reaksi-difusi, yang sekarang sangat penting bagi bidang pembentukan pola.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel