• GOEDANG BIOGRAFI

    Saturday, May 21, 2016

    Biografi Pahlawan Nasional: Sam Ratulangi



    Biografi Sam Ratulangi

    Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi atau lebih dikenal dengan nama Sam Ratulangi adalah pahlawan nasional yang lahir di Tondano, Sulawei Utara pada 5 November 1890. Ia adalah salah satu tokoh di masa pergerakan Indonesia yang berjasa membawa Indonesia meraih kemerdekaan.
    Masa kecil Sam Ratulangi ia habiskan di Tondano dengan bersekolah di  Hoofden School. Lalu ia melanjutkan ke Sekolah Teknik di Jakarta. Setelah itu ia hijrah ke negeri Eropa belajar di sana. Saat di Belanda, Sam Ratulangi menjadi ketua Indische Vereniging (Perhimpunan Indonesia), yakni organisasi pelajar-pelajar Indonesia di negeri Belanda. Ia juga menjadi ketua organisasi pelajar-pelajar Asia saat belajar di Swiss.
    Sepulang dari menimba ilmu di Eropa, ia pun “membagi” pengetahuanya untuk rakyat Indonesia. Ia pernah mengajardio AMS Yogyakarta. Di Bandung, ia membuat Maskapai Asuransi Indonesia sampai pada tahun 1927, Sam Ratulangi Ratulangi diangkat menjadi anggota Volksraad. Saat itulah ia gunakan wewenangnya untuk mengajukan tuntutan supaya Pemerintah Belanda menghapuskan segala perbedaan dalam bidang politik, ekonomi, dan pendidikan antara orang-orang Belanda dan pribumi.
    Selama masa pergerakan ia juga turut andil mendirikan Vereniging Indonesische Academici (Persatuan Kaum Sarjana Indonesia), penerbitan majalah mingguan Peninjauan, dan menjadi menjadi redaksi mingguan politik Nationale Commentaren (1938-1942). Di era pendudukan Jepang Sam Ratulangi ikut terlibat menjadi anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
    Dan setelah merdeka, Sam Ratulangi diangkat menjadi Gubernur Sulawesi. Akan tetapi setelah NICA datang, ia itangkap oleh Belanda dan dibuang ke Serui, Irian Jaya. Setelah bebas Sam Ratulangi kembali ke Jawa. Ia kembali ditangkap saat Agresi Militer II Belanda dan meninggal saat menjadi tawanan pada 30 Juni 1949. Jasadnya sempat dikuburkan di Jakarta, namun kemudian dipindah tanah kelahirannya di Tondano.  Karena jasanya Sam Ratulangi dijadikan Pahlawan Nasional pada tanggal 9 Nopember 1961 melalui Keppres No. 590 Tahun 1961.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel