• GOEDANG BIOGRAFI

    Thursday, May 5, 2016

    Christopher Colombus



    Christopher Colombus
    Pembuka Jalur ke Amerika

    Colombus tak sengaja menemukan benua Amerika saat mencoba mencari jalan ke Asia yang membuatnya menjadi orang penting dalam sejarah. Karena keberhasilannya mencapai benua Amerika itu, dia adalah orang yang membuka pintu Eropa ke Amerika.

    Christopher Colombus lahir pada tahun 1451 di Genoa, Italia dari seorang ayah yang bernama Domenico Colombo dan ibunya bernama Susanna Fontanarossa. Kedua orang tuanya bekerja sebagai penjual benang dan pakaian wool. Colombus adalah anak tertua dari lima bersaudara.
                Colombus banyak mengasah ilmu tentang pemetaan setelah dia dan keluarganya pindah ke Savano pada tahun 1470-an. Colombus juga tak banyak merasakan pendidikan formal, dia belajar menulis dan membaca di sekolah Serikat Pekerja Keahlian Italia karena anak dari pedagang wool.
    Colombus belajar banyak tentang pelayaran berkat ayahnya sebagai seorang pedagang. Dia sering berlayar ke tempat-tempat yang memiliki hubungan dagang dengan Genoa. Dari sinilah kecintaannya kepada dunia laut (pelayaran) muncul dan berkembang.

    Penjelajahan Colombus ke Amerika
    Colombus pernah tinggal dan menetap di Lisbon, Portugal, bersama saudaranya Bartholomew. Dia dan saudaranya itu bekerja sebgai pembuat peta. Di tahun 1480an dia banyak belajar dan menjelajahi afrika. Keinginan berlayar dan menemukan dunia barupun muncul setelahnya.
    Dia juga percaya kepada teori Copernicus bahwa bumi itu bulat dan Colombus yakin bahwa untuk bisa pergi ke timur bisa lewat barat. “Jika ingin cepat sampai ke timur, mengapa tak mencoba berlayar ke barat?” katanya, dan dia juga ingin menjadi penjelajah besar dengan membuktikan teori itu. Colombus yakin bisa  menemukan jalan lebih praktis ke daerah Asia di timur dengan cara berlayar ke arah barat melintasi Samudra Atlantik.
    Tentu saja biaya yang dikeluarkan untuk sebuah penjelajahan tidaklah sedikit. Namun berkat Raja Fernando dan Ratu Isabella 1 yang bersedia membiayai perjalanan Colombus dengan syarat bahwa keuntungan dan kekayaan yang didapat dalam penjelajahan tersebut diserahkan untuk kepentingan Spanyol.
    Colombus berangkat dari pelabuhan di Spanyol tanggal 3 Agustus 1492 menuju di kepulauan Canary di lepas pantai Afrika. Armadanya terdiri dari tiga buah kapal yang bernama Nina, Pinta dan Santa Maria. Dia juga membawa anak buah sebanyak 100 orang. Dia pergi dari kepulauan Canary tanggal 6 September dan berlayar menuju arah ke barat.
    Pelayaran yang dilakukannya tentu saja memakan waktu yang sangat lama di lautan. Banyak anak buahnya yang ingin kembali pulang dari pada meneruskan perjalanan. Sehingga Colombus sering berbohong kepada anak buahnya bahwa mereka belum jauh dari Spanyol agar anak buahnya tetap menemaninya melanjutkan penjelajahan.
    Tanggal 12 Oktober Colombus melihat daratan dan merapaykan kapalnya kedaratan itu. Colombus mengira itu adalah kepulauan di lepas pantai Jepang, namun yang sebenarnya adalah kepulauan Bahama di selatan Florida. Colombus kemudian menamainya San Salvador. Dia juga mengira bahwa benua Amerika adalah bagian dari India sehingga saat bertemu dengan penduduk asli Amerika dia menyebutnya sebagai orang Indian. Itulah mengapa sampai saat ini suku asli Amerika disebut sebagi suku Indian.
    Tanggal 25 Desember 1492 dia kembali ke Spanyol dengan dua kapal karena kapal Santa Maria telah rusak. Saat sampai kembali di Spanyol dia dinamai dengan Admiral dari Laut Samudera dan mengangkatnya sebagai gubernur di semua pulau yang ia temukan. Colombus pun kembali melakukan penjelajahan bahkan sampai ketiga kalinya dia berlayar untuk Spanyol di benua Amerika.

    Kisah Cinta Colombus
                Colombus mempunyai banyak sebutan karena sering pergi di banyak tempat. Orang italia menyebut namanya dengan Cristoforo Colombo, di Spanyol namanya disebut Cristobal Colon, dan dalam bahasa Portugal dia sering disebut Christovao Colom. Dia menggunakan nama Portugal saat berada di Portugal dan menggunakan nama Spanyol setelah pindah ke Spanyol pada ahun 1485.
                Dalam perjalanannya dia bertemu dengan seorang gadis bernama Dona Felipa Perestrello e Moniz. Dia menikah dengan gadis itu sekitar tahun 1478 atau 1479. Dari perkawinan itu lahirlah seorang putera yang bernama Diego. Tetapi Colombus dan isterinya itu tak bisa terus bersama karena tak lama kemudian Felipa meninggal.
                Colombus akhirnya menemukan cinta dengan seorang gadis saat berada di Granada. Nama gadis itu adalah Beatrize Enriquez de Arana. Walaupun mereka tidak pernah menikah, hubungan mereka menghasilkan seorang putera yang bernama Ferdinand, dan Ferdinand inilah yang menemani perjalanan akhir ayahnya ke benua Amerika.

    Akhir Hayat Colombus
                Colombus meninggal dunia di sebuah kota Spanyol, Valladolid. Dia ditemani kedua anaknya, Bartholomew dan sahabat setianya, Diego Mendez pada saat meninggal dunia.  Pada mulanya jenasahnya dimakamkan di Valladolid, namun ditahun 1509, oleh anaknya, Diego dipindah ke biara Las Cuevas di kota Sevilla, Spanyol.
                Colombus bukanlah orang yang pertama pergi ke Benua Amerika karena saat dia menapakkan kakinya di benua itu, tempat itu sudah berpenghuni. Dia juga bukan orang pertama Eropa yang pergi ke Amerika. Leif Ericson, pelaut bangsa Viking, berabad-abad sebelum Colombus telah sampai di benua Amerika.
                Namun tetap saja penemu benua Amerika disandangkan ke Cristopher Colombus. Hal itu karena Leif Ericson bukanlah tokoh penting dalam sejarah, penemuannya belum pernah tersebar luas, dan tidak meninggalkan perubahan yang besar di Amerika maupun di Eropa.
                Berbeda dengan Colombus, penemuan benua Amerika menyebar sangat cepat di Eropa. Hanya berselang beberapa tahun setelah penemuannya itu, banyak penjelajahan-penjelajahan baru dilakukan ke benua Amerika. Dampak tidak langsungnya adalah kolonialisme terjadi di benua itu oleh orang Eropa.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel