• GOEDANG BIOGRAFI

    Wednesday, June 22, 2016

    Hagia Sophia (Aya Sofya)



    Hagia Sophia (Aya Sofya)


    Hagia Sophia (Aya Sofya) adalah simbol utama bagi kota Istanbul. Berawal sebagai gereja lalu Masjid dan sekarang berfungsi menjadi museum, Hagia Sophia dibangun oleh Eastern Roman Emperor Justinian I pada 537 M. Masa pemerintahan Eastern Roman Emperor Justinian I adalah masa kejayaan Romawi. Desain Byzantium pada Hagia Sophia adalah yang terbaik dan menjadi gereja terbesar di dunia selama hampir 1,000 tahun.
    Hagia Sophia sempat mengalami kehancuran saat Konstantinopel diserang oleh Tentara Salib I pada 1204 H. Pada 1453 M, Hagia Sophia diubah menjadi Masjid setelah Sultan Muhammad (Muhammad Al Fatih) menaklukkan Konstantinopel dan mengubah namanya menjadi Istanbul (Kota Islam). Sultan Muhammad memperlakukan penduduk Konstantinopel dengan baik dan tetap mempertahankan berbagai bangunan megah yang telah ada, termasuk Hagia Sophia.
    Meskipun Hagia Sophia berubah fungsi menjadi Masjid, berbagai ornamen gereja yang ada tetap dipertahankan. Oleh karena itu, jika berkunjung ke Hagia Sophia, akan melihat lukisan Bunda Maria bersanding dengan lambang Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut menunjukkan tingkat toleransi yang tinggi dari Sultan Muhammad, sebagai penakluk Konstantinopel dan pemimpin umat Islam pada saat itu, untuk tetap saling menghargai dan menghormati.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel