• GOEDANG BIOGRAFI

    Tuesday, May 10, 2016

    BIOGRAFI FILSUF ALFRED NORTH WHITEHEAD



    BIOGRAFI FILSUF ALFRED NORTH WHITEHEAD
    (1861-1947)

    Whitehead adalah filsuf Inggris yang bersama Russell, bekas muridnya, mengarang Principia Mathematica. Dia paling dikenal karena “filsafat organisme”-nya. Dia menolak materialisme dan mendukung filsafat yang berpusat seputar “konsep hidup, organisme, fungsi, realitas instan, interaksi, tertuju alam”. Whitehead berusaha memperbaiki kesenjangan yang dibuat oleh materialisme yang membelah gagasan tentang tujuan, nilai dan makna dari penjelasan ilmiah.
                Buku lainnya, Process and Reality (1929), yang barangkali merupakan salah satu kitab terbesar dalam metafisika, Whitehead menjelaskan filsafat organisme, dan menyatakan bahwa proses-lah, bukan substansi, yang harus dianggap sebagai konstituen metafisika dasar dari dunia.
                Untuk memahami filsafat organisme Whitehad, orang harus mulai dengan kritiknya tentang materialisme, “sebuah skema pemikiran ilmiah yang dibuat oleh matematikawan, untuk matematikawan.” Skema ini, yang awalnya dimaksudkan sebagai seperangkat tujuan sosial dan epistemologis yang sekarang telah terpenuhi, tidak hanya tetap utuh, tetapi, Whitehead percaya, sekarang telah lepas kontrol.
                Problem utama dengan skema itu ialah karena ia tidak memberi ruang bagi gagasan tentang nilai, makna dan tujuan dalam penjelasan ilmiah. Gagasan semacam itu dikritik oleh kaum materialis karena dianggap subyektif, imaterial dan non-faktual. Mereka mengaku mendukung suatu ilmu pengetahuan yang tidak dicemari dengan penghakiman nilai, suatu ilmu yang tanpa nilai dan obyektif, dan karena itu benar secara universal. Whitehead mendapati pandangan semacam itu munafik dan tidak konsisten. Karena dengan menolak nilai dengan cara ini, seorang materialis mendukung sistem nilai tertentu. Di samping itu, sejarah ilmu tidak dapat dipisahkan dari lingkungan kultural, sosial dan politik di mana ilmu tersebut dicari. Sejarah menunjukkan bahwa generalisasi dari penelitian ilmiah ke kesimpulan politik dan sosial sangat banyak. Nilai-nilai masyarakat dan hasil dari penelitian ilmiah tidak didefinisikan dengan jelas sebagaimana diyakini kaum materialis.
                Menggantikan materialisme, Whitehead menyarankan kita bekerja dengan konsep “organisme” dan bukan “substansi,” dan “peristiwa” untuk menggantikan parameter ruang dan waktu. Proyek Whitehead adalah mengintegrasikan ilmu sebagai bagian dari ilmu-ilmu sosial, yang membalik tren modern yang menganggap ilmu sosial sebagai “teori rakyat”, teori ilmiah yang naif yang menunggu perkembangan.
                Inti dari proyek ini adalah penafsiran kembali tentang apa yang kita pahami dengan “alam”. Materialisme selalu memandang alam sebagai apa yang terletak di balik pengalaman indera, sebagai apa yang secara kausal bertanggung jawab atas persepsi indera. Pandangan ini menimbulkan pembedaan antara kualitas primer dan sekunder yang pertama kali ditegaskan oleh Locke, di mana kualitas sekunder dianggap semata-mata sebagai efek efemeral yang ditimbulkan dalam pikiran oleh kualitas primer obyek. Whitehead menganggap pembedaan semacam itu tidak berdasar dan tidak baik, karena jika benar, katanya “Penyair sepenuhnya salah.” Alih-alih memuji mawar karena aromanya, atau burung pipit karena nyanyiannya, “mereka menujukan lirik-liriknya kepada diri mereka sendiri, dan mengubahnya menjadi ide tentang pemujaan diri tentang keunggulan pikiran manusia.” Bagi Whitehead, alam adalah substrat penyebab dasar dari pengalaman perseptual kita, tetapi tidak lebih dari apa yang teramati oleh persepsi. 
                Whitehead boleh jadi adalah seorang filsuf sebelum jamannya. Filsafat organisme-nya, meskipun tidak diterima secara luas, membentuk salah satu upaya pertama dan paling sistematis dari filsafat abad 20 untuk memisahkan diri dari problem tradisional filsafat kontemporer. Ini penting sebagai sumber ide yang merangsang dan berguna bagi banyak filsuf yang, seperti Whitehead, memandang materialisme salah tujuan secara mendasar.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel