• GOEDANG BIOGRAFI

    Monday, May 23, 2016

    Biografi dan pemikiran Edmund Husserl, Filsafat Kesadaran



    Biografi dan pemikiran Edmund Husserl, Filsafat Kesadaran


    Edmund Husserl lahir pada tahun 1859, di kota Prossnitz di Moravia. Keluarganya adalah penganut Yahudi, meskipun bukan keluarga ortodoks. Dia memulai belajar bahasa Jerman klasik di Realgymnasium di Wina pada usia 10, dan di tahun berikutnya dipindahkan ke Staatsgymnasium di Olmütz. Dia menempuh studinya di universitas Leipzig, berkonsentrasi pada Matematika, fisika, dan filsafat, dengan minat khusus dalam astronomi dan optik. Setelah dua tahun, ia pindah ke Berlin untuk mengembangkan  minatnya dalam matematika, sekali lagi kembali ke Wina, dan memperoleh gelar doktor pada tahun 1883.
    Disertasinya adalah tentang teori kalkulus variasi. Dia pernah mengajar untuk waktu yang singkat di Berlin, namun, karena tertarik dengan kuliah Franz Brentano menyebabkannya untuk kembali ke Wina pada tahun 1884. Kuliah ini memiliki pengaruh  yang besar pada diri Husserl, sehingga mendorong dia untuk lebih banyak melakukan penelitian dalam bidang psikologi dan filsafat. Konsep Brentano tentang tujuan sebagaimana diterapkan pada filsafat kesadaran sebagai kesadaran terhadap sesuatu merupakan pengaruh utama terhadap Husserl.
    Tahun 1886-7 merupakan tahun penting bagi Husserl. Dia pindah ke Halle dan belajar psikologi, menulis Habilitationsschrift dengan judul The Philosophy of Arithmetic. Dia berpindah menganut Kristen bersama tunangan dan anggota komunitas Yahudi Prossnitz, Malvine Charlotte Steinschneider. Mereka memiliki tiga anak.  Dia menjadi Privatdozent di Halle, dan tinggal di sana sampai 1901. Selama periode ini ia menulis karya-karya yang penting, yakni Logische Untersuchungen  / Logical Investigations (1900-1901 diterjemahkan 1970) diterbitkan dalam dua bagian, dan merupakan pengantar bagi konsepnya tentang fenomenologi.
    Pada tahun 1901, Husserl menerima jabatan di Universitas Göttingen, di mana dia memegang posisi pengajar selama 16 tahun. Di sini ia mengembangkan teori-teorinya tentang fenomenologi, sebuah mazhab pemikiran yang berbeda yang menarik perhatian banyak mahasiswa.  Secara etimologis, fenomenologi berasal dari kata fenomena dan logos. Fenomena berasal dari bahasa Yunani  yang berarti tampak, berasal dari kata fantasi, fantom, dan fosfor yang artinya sinar atau cahaya. Dari kata itu terbentuk kata kerja tampak  karena bercahaya. Sedangkan secara harfiah, fenomena artinya adalah gejala atau sesuatu yang tampak. Adapun yang dimaksud logos adalah hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa. Husserl membedakan dalam teori Fenomenologinya  ini antara dunia yang dikenal dalam sains dan dunia di tempat kita hidup. Ia juga membahas tentang kesadaran dan perhatian terhadap dunia sebagai tempat kita hidup. Kita dapat mengesampingkan objek apa pun di dunia ini, tetapi kita tidak dapat mengesampingkan kesadaran kita. Kesadaran adalah satu-satunya eksistensi yang tidak dapat dianggap remeh. Jadi, pusat perhatian fenomenologi adalah kajian tentang dunia yang kita hayati serta pengalaman langsung kita terhadap dunia.
    Pendapat Husserl tentang perhatian dan intuisi telah memberikan pengaruh kuat terhadap filsafat, terutama di Jerman dan Perancis. Setelah tahun 1908 Fenomenologi Husserl menjadi fenomenologi Transendental. Dalam periode ini, dia berpendapat bahwa kesadaran bukan bagian dari kenyataan, tetapi bersumber dari kenyataan. Husserl menolak kesadaran bipolaritas, yakni kesadaran dan alam, subyek dan obyek. Artinya, kesadaran tidak menemukan obyek, karena obyek diciptakan oleh kesadaran. Maka bisa dikatakan bahwa dengan pendapatnya ini, teori Husserl berdekatan dengan idealisme. Bagi ilmu, kesadaran dan alam memang tampak sebagai dua pola dalam kenyataan, namun harus diletakkan dalam sebuah idealitas yang hanya menerima satu pola, yaitu kesadaran.
    Prosedur yang disebut epoche (penundaan semua asumsi tentang kenyataan demi memunculkan esensi) diajukan oleh Husserl. Tanpa epoche, Kita akan terjebak pada dikotomi subyek-obyek yang menyesatkan atau saling bertentangan. Pemikiran filosofis fenomenologi Husserl berasal dari pemikiran gurunya, Franz Brentano. Dari Brentano inilah Husserl memperoleh konsep filsafat sebagai ilmu yang rigoris, yakni sikap pikiran dalam pertentangan pendapat mengenai boleh tidaknya suatu tindakan untuk dilakukan, atau bersikeras mempertahankan pandangan yang sempit dan ketat. Karena filsafat memang terdiri atas deskripsi, bukan berasal dari penjelasan kausal. Bagi Edmund Husserl, fenomenologi bukan hanya sebagai filsafat tetapi juga sebagai metode, karena dalam fenomenologi dapat diperoleh langkah-langkah untuk menuju suatu fenomena yang murni.
    Hasil metode fenomenologi Husserl ialah adanya perhatian baru bagi intensionalitas kesadaran. Fakta yang menunjukkan bahwa kesadaran selalu terarah kepada obyek  disebut intensionalitas. Menyadari sesuatu berarti mengubah sesuatu, sehingga kesadaran tidak pernah pasif. Kesadaran adalah tindakan, yakni
    terdapat interaksi antara tindakan kesadaran dengan obyek kesadaran.
    Pada tahun 1913, ia menerbitkan potongan klasik, Ideas: sebuah  Pengantar umum untuk Fenomenologi Murni, memperkenalkan teori reduksi fenomenologisnya - sebuah metode intuitif untuk merenungkan benda sambil mengamati makna dan refleksi pikiran untuk menggambarkan benda itu. Karena sifat refleksi tersebut, objek kontemplasi tidak perlu hadir secara fisik, karena metode Husserl menggunakan eksistensi nyata yang mengurung eksistensi, atau mengamati apa arti sesuatu yang muncul sebagai fenomena yang benar dalam “dunia Tujuan “. Studi ini dipimpin Husserl untuk memahami dan menganalisa deskripsi struktur mental secara rinci yang terlibat dalam persepsi objek. Husserl berkesimpulan bahwa kesadaran membutuhkan obyek untuk kontemplasi, yakni disiplin deskriptif yang harus berusaha untuk mendeskripsikan hal-hal yang ada dalam diri mereka sendiri, yang bertentangan dengan penemuan teori. Dalam hal ini, Husserl menganggap dirinya sebagai seorang pekerja mirip dengan filsafat Kant.
    Husserl bercita-cita agar fenomenologi dapat dijadikan sebagai displin ilmiah yang lengkap dengan metode yang jelas dan akurat, sebagaimana di dalam ilmu-ilmu alam  seperti kimia, fisika, dan biologi, dikenal adanya metode penelitian ilmu-ilmu alam yang sifatnya empiris dan eksperimental. Penelitian ilmu-ilmu alam memiliki metode tertentu seperti melakukan observasi yang sifatnya sistematis, dan kemudian menganalisisnya dengan teori yang telah dikembangkan sebelumnya. Akan tetapi, Husserl ingin membebaskan diri dari cara berpikir dengan menggunakan metode penelitian seperti itu. Menurut Husserl, untuk memahami manusia, fenomenologi dapat digunakan untuk melihat apa yang dialami oleh manusia dari sudut pandang orang pertama, yakni dari orang yang mengalaminya.
    Oleh karena itu, seorang ilmuwan adalah peneliti dan yang diteliti. Ia adalah subyek sekaligus obyek penelitian. Dengan demikian, fenomenologi adalah cara untuk memahami kesadaran manusia dengan menggunakan sudut pandang orang pertama. Namun menurut pendapat Smith, Husserl membedakan tingkat-tingkat kesadaran. Yang menjadi titik perhatian fenomenologi bukanlah pengalaman tertentu, tetapi struktur dari pengalaman kesadaran, yakni realitas obyektif yang mewujud di dalam pengalaman subyektif orang per orang. Jelasnya,  fenomenologi berpijak pada makna subyektif dari realitas obyektif di dalam kesadaran orang yang menjalani aktivitas kehidupannya, yang menurut istilah Husserl, “Obyek kesadaran sebagaimana yang dialami.
    Pada tahun 1916 Husserl kehilangan putranya, Wolfgang. Dia menyadari anaknya meninggal pada tahun berkabung, yang menyebabkan diam-diam ia mengalami penderitaan. Perang menyebabkan kegiatannya mengajar terhenti. Namun pada tahun yang sama, Husserl diterima menjadi guru besar di Freiburg di Beisgau. Naskah yang ia hasilkan ketika di sini diterbitkan setelah kematiannya sebagai volume kedua dan ketiga dari Ideas, meskipun dia juga mengerjakan banyak proyek lainnya.
    Husserl terus bekerja setelah pensiun dari mengajar di Freiburg pada tahun 1928 sampai kematiannya karena radang selaput dada pada tahun 1938. Karya-karyanya terus mempengaruhi para pengikutnya. Salah satu kesulitan Husserl adalah bahwa kesatuan, metafisika, yang mulai menempati perhatian yang lebih besar dalam karya-karyanya berikutnya, memberikan cara bagi mazhab berpikir baru, Eksistensialisme, dipelopori oleh murid terbesar Husserl, Martin Heidegger. Karena Husserl merasa tidak nyaman dengan konseptualisasi teori besar, ia mengabaikan hubungan sebagai makna kehadiran, dengan rasa keabadian implisit, yang bertentangan dengan kefanaan. Meditasi Husserl tetap terjebak dalam solipsistic penalaran di mana subjek transendental tetap berada di luar waktu, seperti halnya Tuhan.
                Selama masa hidupnya, Husserl menghasilkan banyak karya yang dianggap berbobot, antara lain:
    - Logische Untersucgsuchugen (Penyelidikan logis), pada tahun 1900-1901. Buku ini membahas tentang struktur kesadaran yang membedakan antara tindakan dari kesadaran dan fenomena yang diarahkan. Di sini, Husserl menunjukkan sikapnya yang menolak psikologi.  
    - Ideen zu einer reinen Phanomenologie und Phanomenologischen Philosophie, 1913 (Gagasan bagi fenomenolgi murni dan filsafat fenomenologis). Dalam buku ini, Husserl menegaskan bahwa seorang fenomenolog harus bersikap teliti terhadap dunia luar. Usaha untuk melakukan pendekatan terhadap dunia luar memerlukan metode khusus, karena kesadaran terhadap dunia luar menembus mana saja, dan menyebabkan analisis yang salah.
    - Meditations Cartesiennes, 1931 (Renungan Kartesian). Dalam buku ini, Husserl membahas pemikiran Kartesian dengan sangat mendalam. Di dalamnya disebutkan, “Apakah aku harus terperosok ke dalam solipisme (percaya terhadap diri sendiri), sehingga yang ada hanya kesadaranku sendiri? Jika demikian, bagaimana mungkin aku dapat mengetahui tentang dunia antarsubyek?

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel