• GOEDANG BIOGRAFI

    Sunday, May 15, 2016

    Pahlawan Wanita Indonesia: Raden Ajeng Kartini


    Pahlawan Wanita Indonesia: Raden Ajeng Kartini







    Seorang perempuan Jawa ningrat bernama Kartini lahir di Jepara pada 21 April 1879. Sewaktu kecil, ia hanya sempat mengenyam sekolah dasar di Europese Lagere School (ELS), hanya karena ia perempuan. Secara adat, zaman itu adalah hal yang wajar bagi seorang gadis untuk dipingit setelah menamatkan sekolah dasar, sampai tiba saatnya ia untuk menikah.
    Putus sekolah tak menghalanginya membaca buku, karena ia memang gemar baca terutama buku-buku tentang kemajuan wanita di luar negeri. Sebagai golongan ningrat, ia pun banyak bergaul dengan perempuan-perempuan terpelajar asal Eropa. Karenanya ia jadi tahu bahwa keadaan wanita bangsanya jauh tertinggal dibanding dengan wanita Eropa. Ia pun bercita-cita melanjutkan pendidikannya.
    Gayung bersambut, keinginannya memasuki Sekolah Guru di negeri Belanda melalui diloloskan pemerintah. Namun harapan itu musnah saat orangtuanyamenikahkannya dengan Bupati Rembang, Raden Adipati Joyodiningrat. Untunglah ia masih sempat berkirim surat dengan kawan-kawannya di Belanda.
    Kartini meninggal dalam saat melahirkan putra pertamanya pada tanggal 17 September 1904. Surat-suratnya kemudian dijadikan sebuah buku berjudul Door Duisternis tot Licht -Habis Gelap Terbitlah Terang. Di periode berikutnya pikiran-pikiran Kartini memiliki pengaruh besar menjadi perjuangan kaum wanita Indonesia.. Pemerintah memberikan penghargaan sebagai pahlawan nasional melaui Keppres No.108 Tahun 1964, tertanggal  2 Mei. Nama Kartini masyur sepanjang masa, dan sampai saat ini, untuk mengenang perjuangannya, setiap tanggal  21 April (tanggal kelahiran Kartini) diperingati sebagai Hari Kartini, simbolis emansipasi wanita.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel