• GOEDANG BIOGRAFI

    Sunday, May 15, 2016

    PAHLAWAN WANITA DARI ACEH: CUT NYAK MEUTIA




     PAHLAWAN WANITA DARI ACEH: CUT NYAK MEUTIA





    Pejuang perempuan nan heroik bernama Cut Nyak Meutia lahir di Keureutoe, Pirak, Aceh Utara pada tahun 1870. Masa kecilnya kondisi Aceh sudah berkecamuk perang dengan kolonial Belanda. Ketika sudah beranjak dewasa, ia dipersunting oleh seorang pejuang bernama Teuku Muhammad atau Teuku Cik Tunong. Bersamai suaminya ini, Meutia turut berjuang melawan pendudukãn Belanda di Aceh.
    Teuku Cik Tunong tertangkap pada bulan Mei ahun  1905 lalu dihukum tembak. Selang beberapa waktu setelah kematian suaminya, Cut Nyak Meutia menikah lagi dengan Pang Nangru. Pernikahan dengan Pang Nangru adalah amanat suami pertamanya sebelum meninggal.
    Besaman suami keduanya, Cut Nyak Meutia melanjutkan perjuangan. Namun karena pasukan Belanda terlalu kuat, pasukannya semakin tertekan dan terpaksa mundur sampai masuk ke pedalaman rimba Pasai. Suaminya keduanya pun gugur dalam sebuah pertempuran di Paya Cicem pada September tahun 1910. Saat itu Cut Nyak Meutia masih bisa meloloskan diri. Kematian Pang Nangru membuat semangat pasukan Cut Meutia mulai kendor bahkan beberapa memilih menyerah. Namun tidak bagi Cut Nyak Meutia, ia bersikeras dan terus berjuang di pedalaman rimba Pasai, meski Belanda sudah berusaha membujuknya untuk menyerah.
    Untuk menemukan Cut Nyak Meutia Belanda sampai mengerahkan pasukan khusus Marsose. Pada tanggal 24 Oktober 1910, persembunyian Cut Nyak Meutia bersama beberapa pengikutnya berhasil ditemukan. Cut Nyak Meutia dikepung pasukan bersenjata lengkap. Namun Cut Nyak Meutia tak gentar, dalam kondisi yang mustahil menang, ia terus melawan dengan mengandalkan sebilah rencong. Akhirnya pasukan marsose melancarkan tembakan dan menghentikan perlawanan pejuan Aceh tersebut. Cut Nyak Meutia gugur demi membela Aceh.  
                Mengingat pengorbanannya melawan kolonial, pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan Keppres No. 106 Tahun 1964. Cut Nyak Meutia dikenang dan diangkat menjadi pahlawan nasional pada tanggal 2 Mei 1964.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel