• GOEDANG BIOGRAFI

    Saturday, June 11, 2016

    Masjid Ini Dibangun Setelah Gunung Krakatau Meletus (1883)



    MASJID BAITUL MUSLIMIN (DI BANTEN)
     
    MASJID ini terletak beberapa kilometer di sebelah barat Keraton Banten. Tetapi cukup strategis karena berada di tepi jalan antara Jakarta - Merak. Tepatnya di Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang. Tahun berapa persisnya masjid ini dibangun, tidak jelas. Namun dulunya memang hanya merupakan  surau atau mushola.
    Menurut dugaan, dibangun tahun 1883, yakni setelah meletusnya Gunung Krakatau di Selat Sunda yang dahsyat itu. Memang ketika itu Banten mengalami kerusakan yang paling parah di banding daerah lainnya. Di tambah lagi, ketika itu rakyat Banten sedang gigih-gigihnya perang melawan tentara Belanda, VOC.
    Masjid Baitul Muslimin ini resmi dibangun kembali pada tahun 1925 atas prakarsa KH Marid, seorang ulama disana. Sebelum itu, selalu dijadikan tempat pertemuan bagi para pejuang, terutama pada saat terjadi Perang Kemerdekaan I dan II tahun 1946 samapi 1949.
    Oleh karena keberadaannya di Kramatwatu yang strategis itulah maka masjid ini selalu ramai dikunjungi oleh para jemaah. Namun kehadirannya yang cepat menjadi megah, adalah juga karena kemajuan pembangunan di daerah Banten yang begitu pesat. Adanya PT Krakatau Steel, Pantai Carita, Pantai Anyer, Pantai Matahari, Salina Indah, Karangbolong, Batukuwung dan sebagainya, telah membuatnya terus mengalami renovasi-renovasi.
    Kalau dulu hanya bisa mendatangkan ratusan jemaah, maka dengan dibuatnya dua lantai, diperluasnya serambi, kni mampu memuat ribuan umat. Pembangunan masjid ini paling akhir dilangsungkan antara tahun 1992-1994, dan diresmikan pemakaiannya oleh Wakil Gubenur Jawa Barat HM  Sampoerno.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel