• GOEDANG BIOGRAFI

    Tuesday, June 14, 2016

    The Second Chance: Kisah Gugun Gondrong



    The Second Chance: Kisah Gugun Gondrong



    Muhammad Gunawan Hendromartono mungkin tidak banyak yang mengenal nama ini, tapi ketika menyebut Gugun Gondrong sebagian besar orang Indonesia mengenal sosok seniman yang satu ini. Pria kelahiran 30 Januari 1969 ini adalah pembawa acara televisi dan aktor Indonesia. Pada tahun 1990 an ia dikenal sebagai pembawa acara terkenal. Selain itu juga pernah bermain film layar lebar Kamulah Satu-Satunya sebagai pemain pendukung dengan memerankan The Jakmania. Hal ini tidak jauh dari kesehariannya sebagai salah satu pendiri dan pengurus kelompok pendukung (supporter) kesebelasan sepakbola Persija. Tahun 2004, ia memotong pendek rambutnya yang sudah dipanjangkan selama 20 tahun. Gugun menikah dengan Anna Marissa yang lebih muda 16 tahun pada tanggal 23 Desember 2007. Akad nikahnya dilaksanakan di Pusat Primata Schmutzer, Ragunan.
    Tanggal 13 September 2008, belum satu tahun menikah Gugun harus dilarikan ke RS Medistra karena tidak sadarkan diri sejak sore hari sebelumnya. Kondisi tidak sadarkan diri itu tidak diketahui oleh keluarganya karena Gugun mempunyai kebiasaan tidur setelah makan. Bahkan ia sempat jatuh di kamar mandi ketika dimandikan. Hasil pemeriksaan dokter bedah ahli saraf menyebutkan ada tumor di otak bagian kiri depan dan penggumpalan atau pembendungan cairan otak yang menekan batang otak. Hal ini menyebabkan terganggunya fungsi organ antara lain daya ingat, susah jalan dan pingsan. Karena pernapasan terganggu maka dipasang ventilator.
    Gugun tidak langsung menjalani operasi karena terjadi pembengkakan otak. Kalau sudah membaik atau mengecil baru bisa dioperasi. Karena operasi itu memiliki resiko yang tinggi sehingga menunggu saat yang tepat. Selain itu agar paru-parunya normal dulu. Menurut ayah Gugun, dipasang ventilator untuk kerja paru-parunya. Mendengar Gugun Gondrong menderita sakit yang cukup serius, tanggal 17 Sepetember digelar Malam dana untuk Gugun Gondrong di Resto Planet Hollywood, Jakarta. Pengumpulan dana itu mencapai 1 milyar. Dana itu terdiri dari hasil sumbangan spontanitas artis dan undangan lain termasuk sejumlah mantan pejabat, petinggi partai politik dan pengusaha seperti Hayono Isman, Sutiyoso, Agum Gumelar, Sutrisno Bachir, Oman Sapta. Artis dan selebriti yang hadir hingga ratusan orang, diantaranya Inul Daratista menyumbang 25 juta, Primus Yustisio 8 juta, Gusti Randa 2 juta, Nanny Wijaya 5 juta. Pihak keluarga sedang berupaya untuk membawa Gugun ke Singapura untuk menjalani perawatan dan operasi di rumah sakit yang memiliki peralatan lebih canggih dan lengkap. Untuk itu dana yang dikumpulkan bisa membantu pembiayaannya.
    Setelah penyakitnya menyerang otak lebih dari 5 tahun, kini fisik Gugun berubah drastis. Tak ada lagi rambut panjang lurus terurai. Gugun lebih nyaman dengan rambut pendeknya. Tak ada kehebohan tawa yang keras, jalanpun harus digandeng. Tatapannya lurus ke depan, pikirannya seperti kosong. Ia lebih kalem dari biasanya. Aktivitasnya setiap hari setelah bangun tidur dia berjalan kaki di sekitaran rumah. Ia tak sendiri, ditemani seorang perawat yang biasa dia panggil suster. Selain itu Gugun juga firness untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Ketika bosan di rumah Gugun pun bergaul di tempat-tempat ramai. Meski kondisinya belum stabil dan kalau sampai kelelahan ia menderita kejang-kejang. Bersama teman-teman fitness, Gugun sering karaoke dan menonton film di bioskop. Meski ia pernah menderita tumor perlahan-lahan kesehatannya membaik bisa beraktivitas meski tidak sesempurna seperti sedia kala.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel