• GOEDANG BIOGRAFI

    Monday, May 9, 2016

    Biografi Singkat Raden Mas Soerjopranoto



    Raden Mas Soerjopranoto

     
     
    Seorang keturunan ningrat kelahiran Yogyakarta 11 Januari 1871 yang bernama Raden Mas Soerjopranoto ini dianugerahi gelar Pahlawan Kemerdekaan Indonesia pada 30 November 1959. Namanya memang tidak sekondang adiknya, Ki Hajar Dewantara. Namun perjuangan heroiknya melawan penjajahan kolonial dan jiwa ngayomi-nya terhadap rakyat kecil membuatnya pantas menyandang gelar pahlawan nasional.
    Raden Mas Soerjopranoto bersekolah di Europeesche Lagere School (ELS), kemudian melanjutkan keMeer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) dan berikutnya masuk ke  Middelbare Landbouw School (MLS). Ia adalah anggota organisasi Boedi Oetomo menjabat sebagai sekretaris cabang Yogyakarta dan Sarekat Islam. Raden Mas Soerjopranoto kerap pemimpin gerakan buruh Madukismo.  Ia juga ikut mendirikan asuransi jiwa Onderlonge Levensverzekering Maatschappij (O.L.Mij) Bumi Putera yang diperuntukkan bagi kaum  pribumi pada 12 Februari 1912.
    Karena aktifitasnya Raden Mas Soerjopranoto berulang kali masuk penjara; tahun 1923 (selama 3 bulan) di Malang, tahun 1926 (6 bulan), dan tahun 1933 (1 tahun 4 bulan) di Sukamiskin Bandung. Namun hal itu tidak membuatnya berhenti untuk membela rakyat kecil. Pemerintah Kolonial menawarinya menjadi anggota Volksraad, tetapi ia menolak.
    Pada masa penjajahan Jepang, Raden Mas Soerjopranotomenjadi guru di Taman Siswa, ia menjadi anggotaCuo Sangi In (dewan pertimbangan). Selepas Indonesia merdeka, beliau lebih memilih menfokuskan dirinya untuk melatih generasi bangsa dengan  mengajar di Taman Siswa. Antara 1949 sampai 1958 ia sudah berhenti total dari mengajar, ia n hanya menjadi simpatisan P.S.I.I (juga simpatisan aliran politik yang  progresif dan cinta tanah air) dan anggota kehormatan Kongres Rakyat sampai meninggalnya di Cimahi Bandung 15 Oktober 1959 pada usia 88 tahun. Kemudian jenazahnya dibawa ke Yogyakarta.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel