• GOEDANG BIOGRAFI

    Tuesday, May 31, 2016

    KISAH ISLAMI SUNAN MURIA (Raden Umar Said)



    KISAH ISLAMI SUNAN MURIA (Raden Umar Said)



    Sunan Muria dimakamkan di Gunung Muria. Meskipun di puncak bukit, namun makam itu juga sekaligus masjid. Tempat ini bisa dicapai dengan mobil sampai di Colo, sebuah peristirahatan yang terletak 18 km di utara kota Kudus. Dari Colo mencapai makam, dihubungkan dengan tangga beton yang ratusan jumlah pijakannya. Atau melewati jalanan aspal yang hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua.
    Semasa hidupnya, Sunan Muria menyebarkan Islam kepada para penduduk yang tinggal di sekitar Gunung Muria. Ke utara sampai Laut Jawa, ke selatan, timur dan barat meneruskan daerah yang telah di Islamkan oleh Sunan Kalijaga, ayah mertuanya.
    Ketika masih kanak-kanak, Sunan Muria bernama Raden Umar Said. Sebagai anggota Walisongo beliau meneruskan juga kesenian wayang, gamelan dan tembang-tembang, seperti yang telah dirintis oleh para pendahulunya, sebagai media dakwah yang memang efektif.
    Pada saat Masjid Agung Demak dibangun, beliau ikut. Tepatnya, masjid dibangun pada tahun 1477 sampai1479. Sunan Muria terhitung masih belia. Tetapi sudah merupakan tokoh setia yang menyokong dinasti Demak di saat terjadi perebutan kekuasaan, antar keluarga kerajaan. Dalam hal ini malah melibatkan juga Sunan Giri, Sunan Kudus dan Sunan Kalijaga. Mereka semua memihak Demak dengan Pangeran Bintoro berikut keturunannya.
    Dalam kiprahnya menyebarkan agama Islam, beliau menguasai daerah Jepara, Tayu, Pati, Juana, Kudus dan daerah-daerah sekitar Gunung Muria. Dakwah-dakwahnya disiarkanya secara moderat, berdasarkan situasi dan kondisi ketika itu. Dan cara ini pulalah yang kemudian disebut sebagai aliran Tuban.
    Sunan Muria memang memilki cara sendiri dalam penyiaran dakwahnya. Masyarakat yang menjadi sasarannya, diberinya ajaran semacam kursus, dan dibedakan menurut golongannya. Petani, pedagang, nelayan, dan sebagainya. Semuanya ini untuk memudahkan pendekatan dan pengajarannya. Sebab dengan inilah lalu menjadi lebih cepat akrab dan merakyat.
    Sebagai seniman, beliau telah mewarisi kita tembang kinanti dan sinom sebagai hasil karyanya. Lebih dari itu beliau tidak secara radikal menyingkirkan tradisi Jawa yang dalam Islam sebenarnya tidak ada. Misalnya menyelenggarakan selamatan kematian. Menujuh hari, 40 hari, 100 hari dan sebagainya. Hal ini semata-mata untuk menjaga agar mereka tidak merasa dikurangi adat kebiasaannya. Namun  pelan-pelan agama Islam masuk, berjalan licin tanpa adanya penolakan apalagi perlawanan.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel