• GOEDANG BIOGRAFI

    Saturday, June 4, 2016

    Mengenang Muhammad Ali (Petinju Legendaris yang baru saja Tutup Usia)



    Mengenang Muhammad Ali (Petinju Legendaris yang baru saja Tutup Usia)


    Muhammad Ali lahir sebagai Cassius Marcellus Clay, Jr. di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat, 17 Januari 1942 dan baru saja meninggal dunia (4 Juni 20160). Ia adalah pensiunan petinju Amerika Serikat. Pada tahun 1999, Ali dianugerahi "Sportsman of the Century" oleh Sports Illustrated. Ali tiga kali menjadi Juara Dunia Tinju kelas Berat.

    Namanya mengikuti nama ayahnya, Cassius Marcellus Clay, Sr. Ali kemudian mengubah namanya setelah bergabung dengan Nation of Islam dan akhirnya memeluk Islam Sunni pada tahun 1975.
    Pada usia 12 tahun, Clay, Jr. melapor kepada polisi bernama Joe Martin, bahwa sepeda BMX barunya dicuri orang. Joe Martin, yang juga seorang pelatih tinju di Louisville, mengajari Clay kecil cara bertinju agar dapat menghajar si pencuri sepeda. Clay kecil sa­ngat antusias berlatih tinju di bawah bimbing­an Martin.

    Ia diberi julukan The Greatest. Ali adalah petinju terhebat yang pernah ada dan selalu memenangkan kompetisi besar tak terhitung banyaknya. Ia telah mengalahkan banyak sekali juara kelas berat dan di kelas lainnya sepanjang sejarah, di antaranya Sonny Liston, Floyd Patterson, dan Henry Cooper, serta nama-nama besar lain. Bahkan, duelnya melawan Foreman serta Joe Frazier menjadi pertarungan terbaik sepanjang abad ke-20. Ia pun juga dinobatkan sebagai seorang petinju terbesar di abad 20. Ia merupakan seorang mualaf, ia berganti nama dari Cassius Marcellus Clay Junior menjadi Muhammad Ali.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel