• GOEDANG BIOGRAFI

    Saturday, June 4, 2016

    KISAH ISLAMI SUNAN GUNUNG JATI (Syarif Hidayatullah)



    KISAH ISLAMI GUNUNG JATI (Syarif Hidayatullah)

    Cirebon merupakan pelabuhan terpenting kedua di Jabar. Kota ini adalah bekas kasultanan yang dihapus oleh Inggris pada tahun 1815. Dalam sejarahnya, kota ini mempunyai hubungan erat dengan Kerajaan Demak dan Mataram. Sunan Gunung Jati dan Fatahillah merupakan dua penyebar agama Islam yang amat berjasa. Makamnya banyak diziarahi oleh umat islam. Gunung Jati, terletak tujuh kilometer di sebelah utara Cirebon.

    Sementara itu, di zaman revolusi, Linggarjati yang terletak 21 km di barat daya Cirebon, menjadi salah satu tonggak sejarah nasional Indonesia karena disitulah Roem - Van Royen menandatangani Perjanjian Linggarjati

    Sunan Gunung Jati mempunyai nama asli Syarif Hidayatullah. Beliau sebenarnya lahir di Mesir yang lalu oleh ibunya dibawa pulang ke Cirebon. Beliau berhasil menyebarkan Islam  ke barat sampai Banten  dan ke selatan memasuki wilayah kerajaan Pejajaran. 

    Beberapa fakta tentang Sunan Gunung Jati:
    ·           Perjuangannya mendapat dukungan dari kesultanan Demak di bawah Raden Patah.

    ·           Pangeran Cakrabuana yang berkuasa atas kasultanan Cirebon sangat bersimpati kepadanya. Akhirnya, mengajaknya untuk memperkuat kesultanan di samping sebagai mubaliq dan ulama.

    ·           Beliau wafat tahun 1515 dalam usia yang panjang, dan jenazahnya dimakamkan di Gunung Sembung atau yang lebih dikenal sabagai Gunung Jati.

    ·           Perjuangannya kemudian diteruskan oleh menantunya, Fatahillah yang bersal dari Pasai, Aceh

    ·           Fatahillah juga menerima dukungan dari Demak. Kalau dulu dari Raden Patah, maka kini Fatahillah dari Sultan Trenggono.

    ·           Di masa pemerintahan Fatahillah, Jawa Barat termasuk Banten dan Sunda Kelapa, total menjadi wilayah Islam.

    ·           Fatahillah wafat tahun 1570, setengah abad lebih setelah Syarif Hidayatullah.

    ·       Jasadnya dimakamkan di sebelah makam Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati I. Itulah pula sebabnya mengapa beliau dijuliki sebagai Sunan Gunung Jati II. 

    ·           Namun sebenarnya sepanjang umur beliau tidak hanya mengembangkan agama Islam. Melainkan  juga berusaha menahan orang orang Portugis agar tidak menguasai perdagangan orang Jawa, terutama yang berdiam di sepanjang kota-kota pantai utara.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel