• GOEDANG BIOGRAFI

    Tuesday, May 24, 2016

    KISAH PARA WALI SONGO: SUNAN DRAJAT (Raden Qosim)



    KISAH PARA WALI SONGO: SUNAN DRAJAT (Raden Qosim)


    Nama kecil Sunan Drajat adalah Syarifuddin, atau biasa dipanggil Raden Qosim. Beliau adalah juga putra Sunan Ampel dengan Dewi Chandrawati. Sebagaimana sang ayah, kemudian menjadi penganjur agama Islam yang terkenal. Beliau ikut juga mendirikan Kerajaan Demak dan menjadi penganjur agama yang setia. Sedangkan daerah operasinya, di Jawa Timur.
    Sunan Drajat terkenal juga sebagai seorang sosiawan. Beliau sangat memperhatikan nasib rakyat kecil. Sebab itu beliau berjuang untuk mengadakan perbaikan nasib bagi mereka. Hal ini memang sejalan dengan fatwa Islam dimana kasih sayang harus diberikan kepada sesamanya, terutama pada kaum duafa yang menderita.

    Adapun ajaran beliau dirumuskan dalam beberapa butir petuah.
    Antara lain :
    a.     Berikan tongkat kepada yang buta.
    b.    Berikan makan yang lapar.
    c.     Berikan pakaian pada yang telanjang.
    d.    Berikan tempat berteduh bagi yang kehujanan.
    Atau dengan kata lain, bisa kita simpulkan dengan :
    a.     Berikan pendidikan atau tuntunan bagi yang bodoh.
    b.    Bantulah hidup si miskin.
    c.     Budayakan mereka yang belum berbudaya.
    d.    Lindungilah mereka yang hidup renta.

    Makam beliau terletak di desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Beliau adalah adik kandung Sunan Bonang. Kemudian oleh sang ayah, Sunan Ampel, diberi tempat berdakwah di sebelah barat Gresik. Yakni antara Gresik dan Tuban. Lalu mulailah mendirikan pesantren di Jelag. Kemudian setelah tiga tahun di sana, pindah ke Dalem Dhuwur, suatu tempat di atas bukit. Nah, di tempat inilah sekarang dibangun museum gamelan peninggalannya. Seperti halnya Sunan Bonang, beliau dikenal juga sebagai pengarang tembang. Tembang pangkur itulah peninggalannya.
    Keluarga Sunan Ampel memang mencintai kesenian. Demikian pula Sunan Drajat. Beliau menguasai juga gamelan, tembang dan wayang. Ikut juga mendirikan Masjid Demak, dan sebagai anggota Walisongo beliau juga merupakan pendukung Kerajaan Demak-Bintoro.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel