• GOEDANG BIOGRAFI

    Thursday, June 9, 2016

    KONON SI PITUNG PERNAH BERSEMBUNYI DI MASJID JAMI AL ATIQ KAMPUNG MELAYU BESAR ( DI JAKARTA)



    KONON SI PITUNG PERNAH BERSEMBUNYI DI MASJID INI: SEJARAH MASJID JAMI AL ATIQ (JAKARTA)




    MASJID ini merupakan peninggalan Sultan Banten I Maulana Hasanudin, yang pemerintahannya berpusat di Banten Lama. Beliau adalah putra Syarif Hidayatulah dari istri pertama, Ratu Kaung Anten. Masjid ini didirikan pada abad XVI. Bangunannya bersusun tiga, melambangkan sebuah panah.

    Dulunya beratap sirap. Tetapi kemudian diganti dengan genting hingga sekarang. Dulunya, terdapat banyak ukir-ukiran pada langit-langitnya. Tetapi kemudian hilang tak jelas kemana perginya. Tetapi sementara orang mengatakan, kini disimpan di Dinas Museum Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Pembangunannya, bersamaan dengan masjid Karang Ampel di Jawa Tengah, yang juga didirikan oleh Sultan Maulana Hasanudin.

    Bersamaan dengan lajunya jaman, Masjid Al Atiq ini juga mengalami beberapa kali perbaikan. Namun keempat tiang utamanya yang terbuat dari kayu itu masih tetap dipertahankan. Pada tahun 1691 saat VOC mulai membangun kota Batavia, masjid ini sudah mulai rusak. Namun oleh penemunya, Pangeran Jayakarta yang sedang menyusuri Kali Ciliwung, segera diperintahkan untk dipugar dan dihidupkan kembali.

    Menurut cerita rakyat, masjid ini dulu pernah dipakai sebagai tempat persembunyian Si Pitung yang sedang diburu oleh tentara Belanda pada tahun 1890-an. Di dalam masjid ini, terdapat benda kuno yang tersimpan. Yakni berupa Tongkat yang ada dalam mimbar yang dipakai khatib saat bersalad jumat.

    Pada tahun 1996 lalu, Jakarta dilanda hujan deras dan banjir. Tetapi masjid ini selamat tidak terendam, meskipun letaknya tak jauh dari Sungai Ciliwung. Bukan karena apa-apa, tetapi karena masjid ini telah dibuat lebih tinggi. Maka jadilah masjid ini tempat penampungan para pengungsi sampai banjir yang mencapai tinggi dua meter itu menyurut. Namun apa akibatnya?. Banyak kitab-kitab suci, arsip-arsip penting yang hilang. Siapa pengambilnya? Tentu saja sulit ditebak. Wong keadaan sedang tidak menentu seperti itu.

    No comments:

    Post a Comment

    Most Popular

    Featured Post

    Kisah Cinta Habibie-Ainun

    Nama lengkapnya adalah Hasri Ainun Besari, namun kemudian lebih dikenal sebagai Ainun Habibie. Dia adalah perempuan yang selalu ada d...

    Fashion

    Beauty

    Travel